Sabtu, November 29, 2008

Lapis Legit

Kring....suara nyaring telephone di ruang tengah rumah memecakan keheningan di rumah aku, walaupun agak malas krn baru selsai menyiapkan keperluan sekolahnya Peri kecil yg selalu bikin heboh itu tetep aja hrs aku angkat juga"selamat pagi"....."Ri....(dengan suara sangat khas orang Jawa) gua mau ngadain arisan gua mau pinjem piring ama tempat kue yg dari rotan dong..."..karna ibu yg satu ini adalah pelanggan setia aku...rasanya seneng banget deh bisa berbagi....Ibu ini terinspirasi waktu aku ulang tahun, aku bikin tema tempo dulu mulai dari kostum, makanan,sampai perlengkapan makannya....so rencananya ibu ini jg mau bikin yg kurang lebih temanya tempo dulu juga, pas denger ich rasanya seneng bgt...saking senengnya aku tawarkan beberapa menu yg bisa jd andalan buat acara arisannya dan aku menyarankan masak sendiri karena tamunya ga terlalu banyak....nah pada saat penentuan kuenya Ibu ini pengennya ada sesuatu yg spesial bgt krn tamu2 yg di undangnya merupakan tamu yg spesial unt ibu....setelah melalui diskusi yg alot dan lama akhirnya memutuskan untuk bikin lapis legit...pas tanya harganya wah langsung kaget deh.....tp ibu itu tetep pengennya Lapis Legit...akhirnya dapet solusinya dia beli bahan2 yg diperlukan unt lapis legit aku yg bikin....dan ternyata ibu itu setuju....(wah kerja bakti dung....). Kalau di pikir ama tenaga dan waktu iya itu kerja bakti tapi menurut aku itu tidak kerja bakti kenapa karena aku bisa berlatih tanpa harus mengeluarkan uang...win-win solution khan....nah boleh dilihat penampakanya....

Rasanya masih banyak sekali kekurangan pd saat pembuatan Lapis legit ini, khususnya pada saat pembakarannya....kenapa ya...begini ceritanya...pada saat detik2 terakhir (lapisan terakhir ) adonannya nanggung banget...mau bikin 2 layer ga bisa krn yg terakhir pastinya kurang..tp kl di masukan semuanya kebanyakan....tp tetep harus ngambil keputusan di waktu yg super duper mepet akhirnya...aku tuang smuanya, hasilnya...krn lapis legit ini menggunakan api atas yg matang hanya bagian atasnya aja...pada saat menekan2 kue agar terlihat layer...adonan yg di dalamnya ternyata masih setengah mateng duh jd ps saat ditekan adonannya naik deh alhasil penampakan terakhirnya rada kurang ok...dan harus masuk oven lg...kl ditanya masalah rasa....sebelum aku tanya...ibu itu sms aku....gila lapis legit lue....uwenak tenan....duh walaupun ini ga dibayar kl dpt pujian ini rasanya impas bgt deh......